Selasa, 27 November 2012

Cara Kerja Spray Gun



Cara Kerja Spray Gun
Sudah banyak aplikasi finishing pengecatan menggunakan spraygun serta banyak macamnya dari spray gun yang terdapat di pasaran sesuai dengan fungsinya masing-masing. Untuk spray gun pada dasarnya ada 3 kontrol utama.

(1) Pengatur Volume Bahan Finishing
Kontrol untuk mengatur besar kecilnya jumlah bahan yang keluar dalam sekali tekan atau semprot. Knob adalah yang mengatur jarak lubang nozzle dengan jarum nozzle ketika posisi pelatuk spray gun di tekan. Jarak itulah yang membuat udara bertekanan menarik bahan finishing keluar.
Memutar knob tersebut ke kiri (berlawanan arah jarum jam) akan memperbesar jarak jarum nozzle sehingga bahan finishing lebih banyak keluar. Tekan pelatuk hingga menyentuh batasnya (penting sekali dalam setiap penyemprotan) lalu putar knob pada saat yang sama searah jarum jam untuk mengatur jumlah bahan finishing.

(2) Pengatur Jumlah Udara Keluar
Pengatur jumlah udara yang keluar seperti biasanya terletak disamping spray gun dan memiliki fungsi untuk mengatur udara yang keluar dalam sekali tekanan pelatuk. Udara yang memiliki tekanan akan keluar melalui ujung spray gun dan akan bercampur dengan bahan finishing serta menjadi partikel yang kecil. Arah dan ukuran bahan yang bercampur udara tadi diatur oleh lubang angin di ujung spray gun (Air Horn). Knob ini pula yang mengatur lebar dan arah semprotan.
Dasar pengaturannya sama dengan Pengatur Bahan Finishing.
(3) Pengatur Tekanan udara
Pengaturan tekanan udara adalah control terakhir yang bisa dilakukan pada saat mengatur semprotan terakhir. Kontrol ini untuk mengatur besar kecilnya tekanan udara yang masuk dari spray gun. Jika tekanan semakin kecil yang digunakan maka semakin besar bahan yang di capai.
Bentuk Spray Gun
Ada beberapa jenis spray gun yang memiliki desain berbeda walaupun cara kerjanya sama. Setiap jenis barang memilki fungsi yang berbeda masing-masing memiliki kelebihan.
Tabung di bawah pistol: biasa disebut HVLP (High Volume Low Pressure), alat ini paling banyak digunakan untuk aplikasi base coat yang menuntut jumlah bahan lebih banyak.
Gravity spray gun: Tabung terletak diatas spray gun, biasanya digunakan untuk finishing akhir (top coat) dengan viscositas lebih tinggi.

Jenis Peralatan:

2 komentar:

  1. terima kasih penulis, taunya cara kerja spray gun sekarang. Dah lama beli spray gun online di ediyonline.com baru nak start projek.

    BalasHapus
  2. ok sama-sama semoga informasi yang saya tulis bisa bermanfaat

    BalasHapus